Kamis, 10 November 2016

KALIMAT EFEKTIF DAN CONTOHNYA



1.       Kesepadanan
Kesepadanan adalah keseimbangan antara gagasan atau pemikiran dengan struktur bahasa yang dipakai dalam kalimat.
a.       Mengandung unsur gramatikal (SPOK)
Contoh :
Tidak Efektif :  Maia ke kantor kemarin.
Efektif : Maia pergi ke kantor kemarin.
b.      Tidak menjamakkan objek
Contoh :
Tidak efektif : Lia pegi ke toko buku, kemudian Lia membeli buku.
Efektif :Lia pergi ke took buku, kemudian membeli buku.
2.      Kesejajaran
Kesamaan bentuk kata atau imbuhan pada satu kalimat
Contoh :
Tidak efektif : Icha memakan sayur setelah dimasak.
Efektif : Sayur dimakan icha setelah dimasak.
3.      Ketegasan
Memberikan penekanan dalam suatu kalimat, dengan cara :
a.          Meletakkan kata yang diinginkan ditonjolkan didepan kalimat.
Tidak efektif : Ayu sedang menjahit baju itu.
Efektif : Baju itu sedang dijahit Ayu
b.          Membuat urutan yang bertahap
Tidak efektif :Lomba itu diikuti oleh siswa SD, SMP,dan SMA.
Efektif : Lomba itu diikuti oleh siswa SMA, SMP, dan SD.
c.          Melakukan pengulangan kata
Tidak efektif : Jalanan ke rumah Nenek jauh, juga rusak
Efektif : Jalanan ke rumah Nenek jauh, jalanan ke rumah Nenek juga rusak.
d.         Menggunakan partikel –lah, -pun, -kah
Tidak efektif : Apa mangga rasanya asam?
Efektif : Apakah mangga rasanya asam?
4.      Kehematan
Tidak menggunakan kata frasa yang tidak diperlukan
Contoh
Tidak efektif : Karena saya tidak belajar, saya tidak bisa mengerjakan ujian.
Efektif : Saya tidak bisa mengerjakan ujian, karena tidak belajar
5.      Kecermatan
Tidak memberikan makna ganda (ambigu)
Contoh :
Tidak efektif :  Kerudung baru dijemur oleh Anggi.
Efektif :  Kerudung yang baru dibeli, dijemur oleh Anggi.
6.      Kepaduan
Tidak bertele-tele dan langsung pada inti kalimat
Contoh :
Tidak efektif : Film itu menceritakan tentang persahabatan dua orang gadis.
Efektif : Film itu menceritakan persahabatan dua orang gadis.
7.      Kelogisan
Unsur – unsur dalam kaliamat harus berdasarkan logika dan nyata
Contoh :
Tidak efektif : Kepada kepala sekolah waktu dan tempat kami persilahkan.
Efektif : Kepada kepala sekolah kami persilahkan untuk menyampaikan pidatonya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar